Ads 720 x 90

5 Tips Ini Bisa Jadi Cara Terbaik untuk Nolak Pas Temen Lo Minjem Duit

HAI-Online.com-  Hayo ngaku, lo kan orang yang paling nggak tega kalo ada temen yang minjem duit?? Mau sampe kapan nggak tegaan?? diri sendiri diboongin hahaha!!

Emang sih ya, jujur kita semua akui kalo nolak temen pas lagi minjem duit tuh susah, apalagi kalo udah setongkrongan.

Biasanya lo bingung mau ngasih alasan apa, takutnya nggak dibalikin atau ke khawatiran lainnya.

Tapi kacau banget kalo bilang nggak punya duit, eh taunya temen lo ngerti kalo udah gajian haha amsyong..!

Nah, berikut HAI kasih tips untuk nolak ngasih pinjaman uang ke teman tanpa ngerusak hubungan pertemanan kalian.

1. Tanya Dulu, Untuk Keperluan Apa

Lo perlu nanyain motivasi temanmu, pas mereka berencana minjam atau utang uang ke kamu. Biasanya, cara ini perlu dilakukan pada awal ketika seorang teman berniat meminjam uang. Kamu perlu alasan kuat sebelum memberikan mereka pinjaman.

Tanyain dulu, uang yang mau dipinjamkan, emangnya bakalan dibuat apaan? Apakah untuk keperluan keluarga atau keperluan pribadi. Kamu perlu nolak kalo alasan temanmu adalah untuk keperluan pribadi, apalagi yang sifatnya rekreasi atau hiburan.

Eh tapi bisa aja, kalo alasannya buat orang tuanya sakit, pas udah dipinjemin nyatanya buat ngerayain ulangtahun pacarnya haha ada kan? ngakuu!

2. Coba Untuk Minta Waktu Menjawab

Ada baiknya untuk lo, buat nggak langsung nolak permintaan temanmu. Walaupun lo nggak ada niat untuk ngasih pinjaman, tapi sebaiknya sikapmu nggak langsung ngecewain juga dong.

Minta aja sedikit waktu untuk ngasih jawaban ke temanmu. Dengan melakukan salah satu cara ini, kamu bisa berpikir lebih objektif dan jernih serta nggak nunjukin kesan yang buruk.

3. Beri Penjelasan

Kasih jawaban dengan penjelasan yang logis, kenapa lo nggak bisa minjemin uang. Alasan yang logis bisa bikin temanmu memahami kalo kamu emang benar-benar belum bisa membantunya.

Misalkan, lo punya tagihan bulanan atau ada kerabat yang sudah dulu meminta pertolongan ke kamu. Dengan begitu, kesalahpahaman antara kalian bisa dihindari.

4. Ngasih Solusi Alternatif

Nah, untuk yang satu ini merupakan sikap yang perlu ditiru. Berikan temanmu pertolongan namun bukan dalam bentuk pinjaman uang.

Kalo penjelasanmu bisa diterima dengan baik olehnya, cobalah juga memberi solusi agar mendapat jalan keluar yang terbaik.

Misalkan, kamu sedang mengerjakan proyek sambilan dan temanmu kamu anggap cukup mampu untuk membantumu, kamu bisa tawarkan opsi tersebut.

Namun, tentu saja kamu perlu memberi pengawasan agar temanmu benar-benar bertanggung jawab dengan pekerjaan yang kamu tawarkan.

5. Jangan Ngasih Janji

Cobalah untuk berkomitmen dengan ucapanmu. Jangan langsung ngasih janji kepadanya kalo emang lo nggak berniat minjemin atau belum mampu membantu mereka. Ada hubungan pertemanan yang perlu lo jaga. (*)

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar